PALOPO – Bank Sulselbar Cabang Palopo menyumbang bus untuk digunakan mengangkut anak sekolah Palopo. Penyerahan sumbangan dilakukan di sela peringatan HUT Palopo ke-18 di gedung DPRD, Kamis (2/7/2020). Bantuan secara simbolis diserahkan kepala Bank Sulselbar, Ruslan kepada walikota, HM Judas Amir disaksikan ketua DPRD, Nurhaeni dan lainnya.

Kepala Bank Sulselbar Palopo, Ruslan mengatakan bantuan mini bus dengan kapasitas 20 seat itu diberikan atas permintaan walikota melalui Dinas Perhubungan (Dishub).

“Ini salah satu bentuk kepedulian kita untuk masyarakat kota Palopo, apalagi momennya pas. Semoga bisa dimanfaatkan dengan baik,” tandas Ruslan.

Bantuan tersebut akan dimanfaatkan pemkot untuk mengangkut siswa saat berangkat dan pulang sekolah. Pemkot selama ini punya bus yang sama, namun dianggap masih kurang.

Rapat Paripurna DPRD dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-18 Kota Palopo Tahun 2020 melalui virtual via zoom dengan mengusung tema “Palopo New Spirit” yang dilaksanakan di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Palopo, Kamis (2/7/2020).

Walikota Palopo, HM. Judas Amir dalam sambutannya menyampaikan moment Hari jadi Kota Palopo yang ke-18 ini sangat bersejarah karena dirayakan dalam masa pandemi Covid-19, namun tetap dilaksanakan berdasarkan protokol kesehatan.

Sebagaimana diketahui bahwa Palopo masih berusia 18 tahun, namun demikian sejarah perkembangan Kota ini sejatinya terlentang panjang sejak dahulu kala. Untuk itu hari ini kita merayakan semangat transformasi tersebut.

“Tetap semangat berkarya, semangat dari kebiasaan baru di tengah-tengah pandemi Covid-19 ini, agar Kota Palopo berkembang menjadi lebih baik,” ujar Walikota.

Dengan tatanan baru yang dihadapi saat ini, olehnya itu Hari Jadi Kota Palopo ke-18 mengusung tema “Palopo New Spirit” atau semangat baru Kota Palopo.

“Hal ini memiliki makna bahwa masyarakat Kota Palopo lebih berikhtiar dan siap dalam mengatasi dan menghadapi masalah-masalah yang ada di tengah pandemi Covid-19 ini”, tuturnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman ST, mengungkapkan saat ini, Sulawesi Selatan masuk dalam salah satu daerah dengan tingkat kesembuhan tertinggi covid-19.

Namun di sisi lain, lanjut Wagub penyebaran corona virus ini bisa dikatakan masih kencang. Hal ini dikarenakan, Sulsel adalah merupakan daerah transit. Pada kesempatan itu juga terkait longsor yang baru-baru ini terjadi di wilayah Battang Barat kota palopo, Wagub Sulsel menyampaikan terimakasih kepada Walikota yang langsung tanggap turun ke lapangan.

“Kami juga langsung turun ke lokasi longsor via toraja dan memberikan sejumlah bantuan. Namun kami tidak sempat bertemu dengan pak walikota. Dan kami sampaikan terimakasih kepada Walikota bersama TNI dan Polri yang langsung turun ke lapangan dan mendirikan posko bencana secara darurat di lokasi bencana” ungkap Wagub.

Selain itu, dirinya juga menegaskan agar tetap selalu mematuhi anjuran Pemerintah dengan mengikuti protokol kesehatan. “Salah satunya yaitu sering menggunakan masker meskipun ada yang merasa tidak nyaman” jelasnya. (hms)