SEVILLA – Kapten Real Betis dan pemain sayap legendaris Joaquin Sanchez kini menjadi sesepuh La Liga setelah pensiunnya striker Athletic Bilbao Aritz Aduriz, Rabu (20/5/2020).

Pemain sayap veteran itu akan merayakan ulang tahunnya yang ke 39 di bulan Juli dan telah membuat total 764 penampilan klub sepanjang kariernya. Joaquin juga meraih 51 caps (penampilan) untuk tim nasional Spanyol.

Pada Desember 2019, Betis mengonfirmasi bahwa Joaquin telah menandatangani kontrak baru di klub sampai musim panas 2021. Itu membawanya hingga sebulan lebih dekat dengan ulang tahunnya yang ke-40.

Pria kelahiran El Puerto de Santa Maria, Cadiz, Spanyol, 21 Juli 1981, itu mencetak hat-trick pertama sepanjang kariernya dalam kemenangan 3-2 musim ini atas Athletic Club Bilbao, dan menjadi pemain tertua yang mencetak tiga gol di liga papan atas Spanyol, setelah sebelumnya meraih hat-trick assist melawan Levante musim ini.

Sebagaimana dipaparkan Diario AS, pemain veteran itu telah mencetak 10 gol musim ini. Dia empat bulan lebih tua dari kiper Espanyol Diego Lopez, dan striker Getafe Jorge Molina yang berusia 37. Kelompok pemain berikutnya yang berusia 35 -Charles (Eibar), Santi Cazorla (Villarreal ), Salva Sevilla (Mallorca) dan Ivan Cuellar (Leganes).

Joaquin telah membuat 149 penampilan La Liga sejak kembali ke klub masa kecilnya Betis dari Fiorentina pada musim panas 2015. Tapi secara total, di berada di urutan ketiga dalam rekor penampilan sepanjang masa untuk La Liga, dimana dia tertinggal 81 laga di bawah Andoni Zubizarreta di nomor satu dengan 622 penampilan. (*)