Rumah era abad 17 di Louveciennes milik putra mahkota arab saudi.

PARIS | TOPNEWS.co.id –┬áRumah era abad 17 di Louveciennes, dekat Versailles, Prancis, dulunya milik Raja Louis XIV. Namun, rumah itu dilaporkan sudah dimiliki Putra Mahkota Arab Saudi Mohammad bin Salman (MBS) sejak 2015.

Dilansir dari SINDOnews, rumah yang dinyatakan termahal di dunia ini mengalami perombakan secara modern. MBS dilaporkan menghabiskan hampir USD300 juta (hampir Rp4,6 triliun) untuk mendapatkan rumah megah yang berdiri di area 50.000 hektare. Banyaknya uang itulah yang menjadikan rumah tersebut dinyatakan sebagai yang termahal sejagat.

New York Times melaporkan rumah itu dipugar secara modern oleh Emad Khashoggi, keponakan dari miliarder pedagang senjata Adnan Khashoggi. Desain rumah didasarkan pada kastil kuno Prancis, namun dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas modern termasuk air mancur, lampu, dan lainnya dapat dijalankan dari iPhone.

Rumah abad 17 atau dikenal sebagai chateau itu memiliki gudang anggur yang dapat menampung 3.000 botol.

Kemewahan lainnya antara lain pintu dan perlengkapan berlapis emas, lukisan dinding yang rumit, dua ballroom, lapangan squash, bioskop, dua kolam renang di dalam ruangan memiliki cerat hujan yang turun dari langit-langit.

Ada juga kelab malam bawah tanah yang dipenuhi dengan karya seni tak ternilai dari koleksi pribadi Putra Mahkota MBS. Bahkan yang paling spektakuler adalah ruang meditasi bawah air yang dibangun di dalam parit kastil, yang menampilkan ruang bawah air transparan dengan ikan, termasuk sturgeon dan koi, yang berenang di atasnya.

Patung Louis XIV yang terbuat dari marmer Carrara berdiri “mengawasi” halaman rumah.

“Idenya norak, dan sekali Anda mengunjungi, itu bukan…,” kata Marianne Merlino, yang merupakan wakil wali kota setempat saat konstruksi berlangsung kepada New York Times, yang dilansir news.com.au, Senin (20/4/2020).

“Seperti di Versailles, itu juga jauh di atas, dan seperti Louis XIV, dia mencapai sesuatu yang sangat luar biasa,” ujarnya merujuk pada Putra Mahkota MBS. (*)