Model Contact Tracing (Ft. Internet)

LUTRA|TOP-NESW.co.id-Hasil penelusuran kontak atau contact tracing terhadap kasus positif covid-19 pertama di Kota Palopo berbuah manis. Sebanyak 20 orang hasil contact tracing tersebut telah diambil spesimennya untuk dilakukan uji PCR atau swab test di BBLK Makassar.

Hasilnya, 20 sampel atau 20 orang terkonfirmasi negatif covid-19 berdasarkan uji laboratorium di BBLK Makassar. 20 orang ini tersebar di Desa Dandang dan Desa Tandung Kecamatan Sabbang Selatan. “Hasilnya kami terima hari ini, Selasa 5 Mei 2020,” sebut Jubir Penanganan Covid-19, Komang Krisna.

Dengan keluarnya pemeriksaan PCR hasil contact tracing terhadap kasus positif pertama di Palopo, maka masyarakat dimbau tak perlu cemas karena 20 orang ini telah negatif covid-19. “Hasil ini berarti bahwa potensi penularannya juga tak ada,” kata dia.

Kasus positif pertama di Palopo terjadi pada Rabu 29 April 2020. Orang yang terkonfirmasi positif sempat mengunjungi keluarganya di Sabbang, sehingga Tim Gerak Cepat Dinas Kesehatan melakukan contact tracing dan dihasilkan 20 orang melakukan kontak dengan kasus positif pertama di Palopo. (LH)