Wakil Walikota Palopo, Rahmat Masri Bandaso (RMB) saat menghadiri kegiatan Tactical Floor Game (TFG) Polres Palopo, Rabu (22/04/2020).

PALOPO | TOPNEWS.co.id – Aparat Kepolisian Polres Kota Palopo menggelar kegiatan Simulasi Tactical Floor Game (TFG) Sispamkota Kontijensi dalam Karantina Wilayah Parsial OPS Aman Nusa II 2020 wilayah Hukum Polres Palopo.

Kegiatan tersebut dalam eangka penanganan pandemi COVID-19 di Kota Palopo yang dilaksanakan di Aula Bhakti Pratidina Polres Palopo, Rabu (22/04/2020).

Wakil Walikota Palopo, Dr. Ir. H. Rahmat Masri Bandaso, M.Si yang hadir dalam kegiatan itu mengatakan, tentunya kegiatan TFG ini adalah bagian antisipatif kita jika terjadi hal-hal yang bisa menggangu kestabilan di daerah kita.

“TFG ini merupakan antisipasi kita jika sesuatu yang bisa terjadi, yang mungkin bisa menjadi pertambahan masalah. Dan ini sangat penting dan bermanfaat, sekaligus menjadi warning kita dalam melihat kedepannya,” ujarnya RMB sapaan akrab Wawali Palopo.

Dirinya juga menyampaikan kepada SKPD/OPD dan sekaligus kepada tim gugus COVID-19 bahwa TFG ini sudah menjadi action plan, dan juga sebagai bagian kerjasama dari kepolisian Polres Palopo.

Sementara itu, Kapolres Palopo, AKBP. Alfian Nurnas, S.H.,S.I.K.,MH menyampaikan kegiatan simulasi digelar apabila terjadi kontijensi seperti sekarang ini menghadapi wabah COVID-19 yang dimana bisa menimbulkan peristiwa seperti ada permasalahan ekonomi, konflik sosial, dan banyak penjarahan.

“Namun peristiwa-peristiwa seperti itu diharapkan semoga tidak terjadi di daerah kita, akan tetapi kita harus siap siaga semua. Apabila terjadi kita semua harus tau apa yang harus kita lakukan,” ungkap AKBP Alfian Nurnas.

Kapolres Palopo menambahkan, seperti diketahui Kota Palopo ini kota yang kecil, sebagai kota lintasan sehingga kita harus memiliki skenario-skenario apabila sesuatu terjadi di kota kita ini.

Mewakili Dandim 1403 Sawerigading Kota Palopo, Kasdim 1403 Sawerigading, Letkol. Inf. Suparman mengungkapkan semoga mekanisme latihan TFG ini dilakukan bisa menjadi dasar dalam mengambil tindakan di lapangan.

“Sebagai unsur TNI tentunya senantiasa memberikan dukungan kepada pihak kepolisian dalam kegiatan Tactical Floor Game (TFG), serta senantiasa bisa memahami skenario yang sudah di gambarkan, yang bahkan mungkin bisa terjadi di wilayah tanggung jawab kita,” kata Suparaman.

“Kita sudah ada gugus COVID-19, namun ini adalah langkah tindak lanjut dari gugus yang di bentuk yang akan menjadi tanggung jawab di daerah kita masing-masing,” tandasnya.

Diakhir kegiatan dilakukan simulasi skenario TFG tentang penjarahan di 9 Kecamatan di Kota Palopo. Selain itu, simulasi skenario adanya laporan kepada Polsek terkait ada Warga berstatus PDP.

Selain Wakil Walikota Palopo, kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Palopo, Taufiq S.Kep.,Ners.,M.Kes, Kepala Dinas Perdagangan Kota Palopo, Zulkifli Halid, beserta jajaran kepolisian Polres Palopo. (hms)