LUWU | TOPNEWS.co.id – Bersama Kepala Dinas Pertanian, Bupati Luwu Luwu, H Basmin Mattayang menghadiri acara syukuran yang dikemas dalam acara pesta panen di Desa Salusana, Kecamatan Larompong Selatan, Kabupaten Luwu, Sulsel. Rabu (04/11/2020).

Pesta Panen ini dilaksanakan oleh masyarakat Kecamatan Larompong Selatan sebagai ungkapan rasa syukur dan terima kasih kepada Allah SWT atas keberhasilan panen padi didaerah tersebut.

Pada kesempatan itu, Bupati Luwu memberikan bantuan kepada masyarakat khususnya para petani sebuah mesin pompa air dengan kapasitas 8,5 PK.

“Untuk meningkatkan produktifitas hasil padi di Kecamatan Larompong Selatan, maka Pemerintah Kabupaten Luwu membantu sebuah mesin pompa air yang dapat mempunyai 2 manfaat, yakni memompa air dan memompa pasir. Mesin ini dapat diambil di kantor Dinas Pertanian besok,” kata H Basmin Mattayang.

Menurut Bupati Luwu, Mesin Pompa Air ini dapat digunakan untuk memompa air dan mengairi sawah tadah hujan. Selain itu, dapat pula digunakan untuk memompa pasir yang mengendap di saluran pengairan yang terbawa oleh air akibat bencana banjir.

“Yang terpenting adalah masyarakat harus senantiasa bersyukur atas segala rezeki yang diturunkan oleh Allah SWT kepada kita. Tetap menjaga persatuan, silaturrahim dan saling menghormati agar harmonisasi antara pemerintah dan masyarakat dapat berjalan dengan baik,” jelas Basmin Mattayang.

Sementara itu, Camat Larompong Selatan, H Kamal mengungkapkan, bahwa lahan persawahan yang sudah berproduksi seluas 744 hektar.

“Dari jumlah lahan produksi yang ada di Kecamatan Larompong Selatan, sekitar 557,92 hektar sudah panen. Sisanya tinggal menunggu waktu jadwal panen. Saat ini masyarakat mengalami kendala akibat jebolnya bendungan yang ada di Desa Salusana sepanjang 25 meter. Namun hal ini sudah kami laporkan dan Bapak Bupati telah memerintahkan bidang PSDA untuk turun ke lokasi melakukan peninjauan,” kata H Kamal.

Mewakili masyarakat, Kepala Desa Salusana, Ridwan Madda mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bupati Luwu pada acara pesta panen tersebut.

“Terima Kasih atas kehadiran Bapak Bupati pada acara ini. Meski memiliki agenda yang padat, namun karena kecintaannya kepada masyarakat sehingga meluangkan waktu untuk hadir. Terima kasih pula atas bantuan mesin pompa air yang diberikan bapak Bupati sehingga dapat membantu pengairan bagi sawah tadah hujan yang ada di Desa Salusana seluas 20 hektar,” ucap Ridwan Madda.

Pada acara tersebut, juga dihadiri oleh Kadis Pertanian, Albaruddin A Picunang, Kasatpol PP, Andi Iskandar, Kadis Kominfo, Anwar Usman, Kadis Perhubungan, Supriadi, Ketua KNPI Sulsel, Andi Muhammad Arham Basmin Mattayang, Kapolsek Larompong, Iptu Syarif serta Dan Pos Larompong Selatan, Serka Baharuddin dan para Kepala Desa se Kecamatan Larompong Selatan. (kominfo)