Pemerintah Kota Palopo menggelar rapat koordinasi (Rakor) bersama para Lurah se-Kota Palopo dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1441 H yang dilaksanakan di Ruang Pola Kantor Walikota Palopo, Rabu (20/05/2020).

PALOPO | TOPNEWS.co.id – Pemerintah Kota Palopo menggelar rapat koordinasi (Rakor) bersama para Lurah se-Kota Palopo dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1441 H yang dilaksanakan di Ruang Pola Kantor Walikota Palopo, Rabu (20/05/2020).

Walikota Palopo Drs. H. M. Judas Amir, MH menyampaikan bantuan yang diberikan kepada masyarakat sebaiknya dapat disalurkan dengan baik dan secara merata untuk itu peran lurah agar dapat bekerja dengan sebaik mungkin dilingkungan masing-masing.

“Saya mengimbau agar seluruh masyarakat tersambung dengan siaran ratona TV tujuannya adalah agar masyarakat dapat mengetahui informasi dengan benar agar tidak terjadi kekeliruan,” kata Judas Amir.

“Untuk bantuan yang telah disalurkan kepada masyarakat, Lurah harus mengetahui siapa saja yang telah mendapatkan dan jika ada masyarakat yang memang pantas untuk dibantu dan belum mendapatkan bantuan, Lurah dapat diskusikan dengan Sekda,” tambahnya.

Walikota juga meminta kesediaan para RT/RW agar bekerja dengan baik dan semaksimal mungkin agar dapat mengurus warganya dan Berikan pemahaman kepada masyarakat untuk shalat idul Fitri dilaksanakan dirumah.

Sementara itu, Wakil Walikota Palopo Dr. Ir. Rahmat Masri Bandaso, M.Si menyampaikan, bahwa bantuan yang ada di Kota Palopo lumayan banyak karena bantuan ini bukan hanya dari pemerintah tapi juga dari dermawan jadi jika dihitung banyak bantuan yang telah masuk.

“Dan masih banyak pula masyarakat yang mengatakan belum mendapatkan bantuan dan perlu diberikan himbauan kepada para dermawan jika ingin memberi bantuan ke kantor lurah karena lurah yang lebih tahu masyarakatnya,” ungkap RMB sapaan akrab Wawali Palopo.

“Saya sangat mengapresiasi kepada para Lurah yang telah bekerja dengan baik untuk mengurus masyarakat dilingkungannya,” kata RMB.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palopo Drs. Firmanza DP, SH., M.Si menyampaikan, bahwa beberapa bantuan yang akan disalurkan kepada masyarakat itu masih sementara diurus semoga bantuan ini dapat disalurkan dalam minggu ini kepada semua masyarakat yang telah terdata.

“Sedangkan untuk dana BST dan sembako telah berjalan dan Walikota Palopo tetap mengimbau agar penyaluran setiap bantuan itu di kontrol di lapangan,” kata Firmanza.

Selain itu, Sekda juga mengatakan, salah satu kota yang ada di Indonesia dari 19 rumah sakit yang ada, Kota Palopo sudah memiliki uji swab sehingga kita tidak perlu ke Makassar lagi.

“Ini menandakan bahwa gugus percepatan dan penanganan covid-19 telah bekerja dengan baik sehingga dalam waktu 2 jam kita sudah dapat mendeteksi orang yang terpapar Corona atau tidak,” jelasnya.

“Sesuai dengan imbauan pemerintah untuk pelaksanaan shalat idul Fitri dilakukan dirumah masing-masing. Untuk itu para Lurah menyampaikan kepada seluruh masyarakat dan dapat mendengarkan ceramah dan sambutan Walikota di Ratona TV,” tandasnya.

Sementara untuk para Lurah, kata Firmanza, agar bekerja sama dengan baik dengan para RT/RW dan juga Kamtibmas serta Babinsa terkait pendataan masyarakat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Kota Palopo Drs. H. Burhan Nurdin M.Si, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Palopo Taufik, S. Kep. Ners serta para Lurah se-Kota Palopo.(hms)