JENEPONTO – Empat warga Desa Rumbia, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto, hilang diterjang bencana banjir dan tanah longsor.

Dilansir dari SINDOnews, Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Raditya Jati menjelaskan menurut laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jeneponto, banjir dan longsor tersebut dipicu oleh tingginya intensitas hujan yang terjadi sejak Jumat siang (12/6/2020).

Dari data BPBD Jeneponto, ada 4 warga dilaporkan hilang, mobil mini bus rusak terseret banjir dan 6 rumah panggung rusak berat. Selain itu akses jalan poros tertimbun material longsor.

“Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Jeneponto telah melakukan asesmen dan kaji cepat terhadap segala kerusakan dari dampak bencana banjir dan longsor, serta berkoordinasi dengan Basarnas Makassar untuk melakukan pencarian korban,” kata Raditya Jati dalam keterangan tertulis, Sabtu (13/6/2020).

Personel TRC dan petugas Dinas Pekerjaan Umum Jeneponto juga melakukan pembukaan akses jalan yang tertimbun longsor menggunakan alat berat. “Kebutuhan mendesak yang diperlukan adalah terpal, selimut, tenda, logistik dan makanan serta alat berat lainnya,” ujarnya. (*)