LUTIM – Gebyar Paud Desa Puncak Indah digelar di Halaman Kantor Desa Puncak Indah, Kecamatan Malili, Sabtu (14/09/2019). Dimulai dari Jalan Sehat yang diikuti Peserta didik anak-anak PAUD dan TK, didampingi orang tua murid mengambil start dari Kantor Samsat hingga Kantor Desa Puncak Indah diiringi marchinband TK.

Ketua Panitia, Muhammad Basri Paliling Gali mengatakan, kegiatan Gebyar Paud ini diikuti 4 TK se-Desa Puncak Indah, antara lain TK. Makarti, TK. Al Muhajirin, TK. Buah Hati, dan TK. Bina Mandiri.

Untuk memeriahkan gebyar Paud, panitia menyiapkan 6 lomba yang diikuti oleh perwakilan dari peserta didik masing-masing TK. Lomba tersebut antara lain mewarnai tingkat Paud kelas A, kelas B dan play group, memindahkan bola, menyusun gelas dan memasukkan pensil ke dalam botol.

“Desa Puncak Indah memiliki banyak PAUD TK, kami patut bersyukur,” katanya.

Gebyar Paud yang juga dirangkaikan dengan Hari Literasi Internasional 2019 ini, juga dihadiri perwakilan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Luwu Timur. Dalam sambutannya, Kepala Seksi Kurikulum, Penilaian dan Kelembagaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Non Formal (PNF), Andi Rifai mengatakan, Agenda gebyar paud merupakan acara tahunan.

Dirinya mengapresiasi panitia dari desa atas terselenggaranya kegiatan Gebyar Paud yang sukses dan lancar. “Dalam Pendidikan Paud, sangat direkomendasikan oleh Pemerintah Kabupaten Luwu Timur kepada peserta didik yang akan memasuki SD,” jelasnya.

Alasannya ialah di Paud dapat membantu peserta didik dalam membentuk karakter dan fondasi yang diumpamakan seperti bangunan yang kokoh.

“Insya Allah direncanakan mulai tahun 2020 mendatang, akan diwajibkan bagi calon peserta didik untuk menempuh pendidikan di PAUD minimal 1 tahun sebelum masuk SD,” Kata Rifai.

Lanjutnya, rencana tersebut juga sudah dibahas Dinas Pendidikan di Pemerintah pusat dan segera akan diterapkan. (ikp/kominfo)