PALOPO | TOP-NEWS.co.id – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (KB) melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan Kementrian Agama Kota Palopo, Sulawesi Selatan, di Auditorium Saokotae Rujab Walikota Palopo, Jumat (16/04/2021).

Penandatanganan perjanjian kerjasama yang disaksikan langsung oleh Walikota Palopo, Drs HM Judas Amir MH dilakukan dalam upaya optimalisasi program Bangga Kencana terkhusus mengenai kegiatan pembinaan remaja dan pernikahan dini yang diimplementasikan dalam kolaborasi kampung KB dan kampung Qur’ani di kota Palopo.

Plt. Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB kota Palopo, Farid Kasim Judas, SH.,M.Si.,MH melaporkan kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari program Tri Bina yakni bagaimana melaksanakan lintas sektor dengan melibatkan instansi vertikal.

“Dalam program Tri Bina terdapat 3 program pembinaan yakni Bina Keluaga Balita, Bina Keluarga Remaja dan Bina Keluarga 10-24 tahun yang belum menikah,” kata Farid Kasim Judas.

FKJ menjelaskan, bahwa untuk Bina Keluarga 10 – 24 tahun yang belum menikah dimana salah satu problem stunting yang di hadapi pemerintah adalah mencegah pernikahan dini.

“Pendewasaan usia pernikahan didalam memberikan rekomendasi atau menikahkan anak-anak kita yang tentu fungsi dari pada penyuluhan kepada masyarakat yang bisa bersifat edukasi yang benar-benar bermanfaat,” jelasnya.

“kita sudah sepakat bersama para Lurah agar mensosialiasikan tentang pentingnya memahami usia pernikahan anak,” sambungnya.

Lebih jauh FKJ menjelaskan, bahwa Kampung Qur’ani nantinya akan dilaksanakan pada 17 ramadhan yaitu malam Nuzulul Qur’an dimana nantinya akan melakukan pengajian serentak secara bersama Di kampung KB.

Hal yang sama disampaikan Kepala Kementrian Agama Kota Palopo, Dr. M. Rusydi Hasyim M.,Ag untuk kampung Qur’ani nantinya akan hadir pada 17 Ramadhan.

BACA JUGA: http://top-news.co.id/bahas-aset-daerah-pemkot-palopo-gelar-pertemuan-dengan-bpn-dan-kejaksaan/

“Dengan hadirnya kampung Qur’ani kita bisa mengisi kepala dan hati kita dengan energi Al-Qur’an,” jelasnya.

Dirinya juga berharap semoga dengan perjanjian kerjasama dengan Dinas Pengendalian Penduduk dan KB bisa dijalankan dan didukung secara bersama-sama.

BACA JUGA: http://top-news.co.id/walikota-palopo-serahkan-armada-kebersihan-kepada-dinas-lingkungan-hidup/

Sementara itu, Walikota Palopo, Drs. H.M Judas Amir.,MH yang hadir pada kegiatan tersebut, mengatakan, dengan apa yang telah dicanangkan bisa memastikan bagaimana loyalitas kita antar sesama manusia.

BACA JUGA: http://top-news.co.id/tarwi-di-masjid-agung-walikota-palopo-imbau-jamaah-ikuti-protkes/

“Dengan upaya yang dilakukan ini untuk membuat kampung Qur’ani agar betul-betul semua terencana dengan baik dan berjalan dengan baik pula,” harap Walikota dua periode tersebut.

“Kedepan mari kita saling mengingatkan agar kewajiban-kewajiban kita terpenuhi dengan baik,” pungkasnya.

BACA JUGA: http://top-news.co.id/walikota-hadiri-launching-aplikasi-siap-polres-palopo/

Penandatanganan perjanjian kerjasama antara Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (KB) dengan Kementrian Agama kota Palopo dilakukan secara bersama oleh Walikota Palopo, Plt. Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB serta Kepala Kementrian Agama kota Palopo.

BACA JUGA: http://top-news.co.id/tarwi-di-masjid-agung-walikota-palopo-imbau-jamaah-ikuti-protkes/

Acara tersebut juga dihadiri oleh para Camat se-Kota Palopo, Lurah, Kepala KUA, serta para Penyuluh Agama. (Prokopim)