LUWU UTARA | TOPNEWS.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Luwu Utara, Sulsel, menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil perhitungan suara pada
Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020, Rabu (16/12/2020).

Dari hasil rekapitulasi perhitungan suara, KPU Luwu Utara, telah menetapkan pasangam calon nomor urut dua Indah Putri Indriani – Suaib Mansur sebagai Bupati terpilih dengan perolehan suara sebesar 80.078 atau 45,13 persen suara.

Sementara pasangan calon nomor urut satu, Muh Thahar Rum – Rahmat Laguni memperoleh suara 49.819 suara. Pasangan Arsyad Kasmar dan Andi Sukma meraih suara 47.515 suara.

Ketua KPU Luwu Utara, Syamsul Bahri mengatakan, pihaknya memberi kesempatan kepada pihak terkait, untuk mengajukan gugatan ke Mahkama Konstitusi (MK) jika merasa keberatan dengan hasil pleno tersebut.

“Kita kasi waktu lima hari, mulai hari ini tanggal 16 Desember sampai lima hari kedepan. Tapi saya rasa tidak ada lagi, karena tadi semua saksi pasangan calon menyampaikan kesan mereka, dan menerima hasil ini,” ungkap Syamsul Bahri.

“Awalnya saya pikir rekapitulasi ini akan alot, tapi ternyata berjalan sangat lancar dan aman. Syukurnya lagi kita bisa selesaikan dalam waktu satu hari saja,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati terpilih, Indah Putri Indriani menyampaikan, hasil rapat pleno rekapitulasi tingkat kabupaten yang berlangsung di Aula Jantor KPU Luwu Utara itu, menandakan jika Pilkada 2020 telah selesai.

“Saya berterimakasih kepada seluruh tim pemenangan, kepada seluruh masyarakat Luwu Utara, penyelenggara, pihak TNI dan Polri yang sama-sama mengawal proses demokrasi ini berjalan denga lancar,” kata Indah.

Dia mengatakan, dengan diumumkanya secara resmi hasil perolehan suara, tidak ada lagi perbedaan, dan semua pihak harus menghargai seluruh hasil pilkada ini.

“Sering saya katakan, ini adalah kemenangan masyarakat Luwu Utara, jadi segala perbedaan yang kemarin itu saya harap tidak ada lagi. Mari kita eratkan kembali tali silaturahmi kita,” tutup Indah. (**)