TORAJA UTARA | TOPNEWS.co.id – Proses belajar mengajar di Toraja Utara, Sulawesi Selatan kembali dibuka pasca penutupan sekolah ditengah Pandemi Covid 19.

Pemerintah Toraja Utara, bersama Dinas Pendidikan Toraja Utara, Sulawesi Selatan, kembali membuka sekolah tatap muka, Selasa (11/08/2020).

Hal ini terlihat di beberapa sekolah yang sudah memulai proses belajar mengajar namun dengan protokol kesehatan yang ketat.

Salah satunya adalah SMA Negeri 2 Toraja Utara. Proses belajar mengajar sudah mulai berjalan, namun setiap harinya diharuskan setiap pagi, sekolah di semprot dengan cairan disinfektan.

Sementara para guru dan siswa di wajibkan cuci tangan terlebih dahulu, ukur suhu tubuh dan setiap kelas hanya di isi sekitar 16 siswa, dengan tetap jaga jarak dan memakai masker.

Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan, saat dikonfirmasi mengatakan bahwa tidak semua sekolah diijinkan melaksanakan sekolah tatap muka, hanya sekolah sekolah yang berada di pelosok yang terkendala jaringan internet dan sekolah yang telah memenuhi standart protap kesehatan Covid-19.

“Dalam perspektif Covid-19,
Toraja Utara adalah zona hijau, dan dimungkinkan untuk menyelenggarakan atau melonggarkan kegiatan masyarakat termasuk pendidikan, sejauh itu mendapat izin dari pemerintah,” kata Kalatiku Paembonan.

“Kita dahulukan sekolah yang berada di luar Kota Rantepao yang ada di pelosok-pelosok yang kesulitan jaringan internet dan sudah standar protokol kesehatan covid-19,” jelas Bupati Kalatiku.

Sementara untuk sekolah yang ada di Kota, khususnya di Rantepao, tetap melaksanakan proses belajar mengajar dengan sistem online. (yat)