Bupati Luwu, Basmin Mattayang melantik Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama lingkup pemerintah Kabupaten Luwu, di Aula Rumah Jabatan Bupati, Kelurahan Pammanu, Kecamatan Belopa Utara, Luwu, Rabu (15/04/2020).

LUWU | TOPNEWS.co.id – Bupati Luwu, Basmin Mattayang melantik Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama lingkup pemerintah Kabupaten Luwu, di Aula Rumah Jabatan Bupati, Kelurahan Pammanu, Kecamatan Belopa Utara, Luwu, Rabu (15/04/2020).

Pelantikan ini adalah hasil akhir uji kompetensi (job fit) pejabat Eselon Dua, akhir Desember 2019 lalu.

Dalam sambutannya, Basmin Mattayang berpesan kepada kepala OPD, agar bekerja secara maksimal dan profesional, tingkatkan pelayanan prima serta berikanlah yang terbaik buat daerah, demi kemajuan Kabupaten Luwu.

“Seorang pejabat harus menyadari sepenuhnya bahwa tanggung jawab dan beban tugas pemerintahan kedepan semakin berat dan semakin kompleks, maka kepada para pejabat yang baru saja dilantik hari ini saya harapkan kiranya dapat mengoptimalkan perannya dalam pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing,” ucap Basmin.

Basmin melanjutkan, di tengah merebaknya wabah Corona di Indonesia, diharapkan kepada seluruh instansi untuk bekerjasama dalam pencegahan Covid-19 dan jangan lupa selalu berdoa agar daerah ini terhindar dari wabah yang mematikan itu.

“Walaupun dalam situasi Corona Saya harap kepada seluruh pimpinan OPD agar tetap meningkatkan kinerjanya dan walaupun Kabupaten Luwu ini masih dalam zona hijau penyebaran Corona. Saya harap tetap waspada dan jaga jarak, mari kita semua doakan Kabupaten Luwu agar terbebas dari Virus Corona,” tutup Basmin.

Sementara itu, Kepala Badan Kepagawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), H Sulaiman mengatakan pada Desember 2019 lalu, 22 pejabat tinggi pratama/Kepala OPD mengikuti job fit di Makassar.

Job fit tersebut dilaksanakan BKPSDM Luwu bekerja sama dengan BPSDM Provinsi Sulsel sebagai salah satu Lembaga yang berwenang.

“Panitia seleksi melibatkan profesor dari Univeristas Negeri Makassar dan Univeristas Muslim Indonesia selaku penyeleksi,” kata H Sulaiman.

Dia juga menerangkan bahwa hasil dari panitia seleksi job fit ini, diteruskan ke KASN sebagai lembaga negara yang berwenang untuk evaluasi dan koordinasi terkait pejabat pimpinan tinggi atau eselon dua.

“Dan ini sesuai aturan. Sesuai amanat PP 11 Tahun 2017,” tutupnya.

Mutasi dan Pelantikan kali ini, ada beberapa kepala OPD yang bergeser, diantaranya Masling Malik yang sebelumnya jadi Kepala DPMD kini bergeser ke Dinas Sosial.

Kemudian Andi Pangeran yang sebelumnya menjabat Kadis Pertanian kini dilantik menjadi Kadis Dinas Lingkungan Hidup.

Sedangkan Drs Lukman yang sebelumnya sebagai Staf Ahli di mutasi ke Bapenda.

Sementara Kepala Badan KB dijabat Luther Bijak. (key)