LUWU | TOPNEWS.co.id – Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan (Sulsel), mendistribusikan 2009 dosis vaksin Sinovac ke 22 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang ada di wilayah Kabupaten Luwu, Selasa (02/02/2021).

Berangkat dari Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Luwu, pada pukul 08.00 Wita, rombongan pendistribusian vaksin Covid-19 mendapat pengawalan ketat dari aparat Polres Luwu.

“Kita telah merencanakan pencanangan vaksinasi pada hari ini, olehnya itu kami berharap pendistribusian ini berjalan lancar dan semua Puskesmas dapat melaksanakan vaksinasi sesuai waktu yang kita tetapkan,” kata Plt Kadinkes Luwu, dr Rosnawary Basir.

Selain ke 22 Puskesmas, 1 rumah sakit milik Pemda Luwu dan 1 rumah sakit milik swasta juga mendapat jatah vaksin Covid-19.

“Untuk Rumah Sakit Hikmah kami distribusikan 87 dosis vaksin sedangkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Batara Guru Belopa mendapat vaksin terbanyak yakni sebanyak 704 dosis,” jelas dr. Rosnawary.

Pendistribusian Vaksin dibagi menjadi 4 wilayah, dimana wilayah 1 meliputi Kecamatan Larompong Selatan, Larompong, Suli, Suli Barat, Belopa dan Belopa Utara yang dikoordinir oleh Kabid Sumber Daya Kesehatan, drg Annisa Yahya.

Sementara wilayah 2 mencakup Kecamatan Bajo, Bajo Barat, Latimojong, Bastem dan Bastura di koordinir oleh Kabid Pelayanan Kesehatan, Akivadhaniar Samir.

Untuk Wilayah 3, yaitu Kecamatan Kamanre, Ponrang, Ponrang Selatan, Bupon dan Bua dikoordinir oleh Kepala Seksi PTM, Hajra Nasir. Sedangkan untuk wilayah 4 meliputi Kecamatan Walenrang, Walenrang Timur, Walenrang Utara, Walenrang Barat, Lamasi, dan Lamasi Timur dikoordinir oleh Kabid Kesehatan Masyarakat, Andi Husnawati Baso.

Diketahui, pada tahap pertama, Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan mendistribusikan vaksin Covid-19 sebanyak 4040 dosis vaksin yang diprioritaskan bagi seluruh tenaga kesehatan yang bekerja pada fasilitas-fasilitas kesehatan di wilayah Kabupaten Luwu.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan (Yankes) yang menjabat sebagai Ketua Panitia Pelaksana Pencanangan Vaksinasi, Akivadhaniar samir mengatakan saat ini dirinya bersama tim sementara melakukan verifikasi dan registrasi kepada calon penerima suntikan vaksin perdana.

“Kami sementara melakukan verifikasi dan registrasi kepada 10 nama sebagai calon penerima suntikan vaksin perdana dan selanjutnya akan dilakukan screening,” ungkap Akiva.

Diantara 10 nama yang diverifikasi, terdapat nama Ketua DPRD Luwu, Rusli Sunali, Kepala Kejaksaan Negeri Luwu, Erny Veronika Maramba, Kapolres Luwu, AKBP Fajar Dani Susanto, Sekda Luwu, H Sulaiman, Direktur RSUD Batara Guru Belopa yang juga Ketua Harian Public Safety Center 119 Luwu, dr Daud Mustakim dan Ketua MPC Pemuda Pancasila Kab Luwu yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris BKPSDM, Andi Muhammad Ahkam Basmin. (kominfo)