PALOPO | TOP-NEWS.co.id – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palopo, Sulawesi Selatan, mengikuti peringatan HUT Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Tingkat Nasional yang ke 102 Tahun 2021 yang di pusatkan di Kementerian Dalam Negeri, diikuti secara Virtual di Ruang Pertemuan Ratona Kantor Walikota Palopo, Senin (01/03/2021).

HUT Damkar kali ini mengangkat tema “Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan yang Profesional, Mandiri dan Melayani Dalam Mendukung Adaptasi Kebiasaan Baru”.

Peringatan HUT Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan di ikuti oleh Sekertaris Daerah Kota Palopo, Drs. Firmanza DP, SH., M.Si, Kadis Damkar Kota Palopo Andi Musakkir, S.IP., M.SI beserta Jajaran Damkar Kota Palopo.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian yang juga selaku Inspektur Upacara menyampaikan Selamat HUT Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan yang ke 102 Tahun 2021 semoga jajaran Pemadam Kebakaran bisa lebih eksis dalam mengabdikan diri kepada bangsa dan negara.

“Usia yang sangat panjang bahkan sebelum kemerdekaan Pemadaman Kebakaran telah terbentuk Peringatan HUT Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan ini dilaksanakan dalam suasana pandemi Covid-19 yang berbeda dengan tahun sebelumnya kali ini di ikuti secara virtual di seluruh Indonesia,” ungkap Tito Karnavian melalui virtual.

Sesuai dengan tema diharapkan tantangan itu tetap berjalan, baik di masa pandemi maupun tidak ada pandemi kebakaran akan tetap terjadi sehingga masyarakat memerlukan penyelamatan dan kita harus tetap bekerja melaksanakan tugas pokok itu.

“Untuk itu kita harus tetap beradaptasi dengan menggunakan perlengkapan tertentu bagaimana jika korbannya ada yang terkena covid, menyelamatkan masyarakat yang terkena bahaya lainnya dalam situasi covid,” terang Tito.

“Ini perlu adaptasi bagi petugas damkar dengan melakukan proteksi dalam melaksanakan tugas agar tidak tertular dengan memakai masker dan hal lainnya sehingga tugas dapat dilaksanakan secara maksimal,” sambungnya.

Ada beberapa daerah yang memberikan perhatian khusus kepada damkar sehingga damkar dalam melaksanakan tugas dapat lebih maksimal karena mereka menyadari kebakaran adalah salah satu tantangan pemerintah yang menjadi persoalan masyarakat.

Lebih jauh Tito menjelaskan, bahwa damkar bukan hanya bertugas melakukan pemadaman tapi mengandung misi penyelamatan yang terlatih meskipun ada bagian lain yang dapat melakukan hal itu.

“Untuk para Kepala Daerah berikanlah perhatian kepada jajaran Damkar baik organisasinya maupun anggarannya di anggarkan dengan betul-betul memadai, dengarkan aspirasi dari jajaran damkar baik itu tunjangan maupun sarana dan prasarana agar mereka dapat bekerja lebih maksimal,” kata Tito.

“Salah satu pasukan terlatih selain Satpol PP adalah Damkar karena lebih melakukan penyelamatan yang lebih profesional,” paparnya.

Kepada jajaran damkar tidak hanya responsif ada kebakaran baru bergerak memang betul kecepatan tiba di lokasi dalam hitungan menit harus terus dilatih tapi lebih dari itu perlu proaktif untuk mencegah terjadinya kebakaran.

“Ini perlu dukungan kepala daerah seperti bangunan atau kawasan memerlukan langkah-langkah pencegahan kebakaran jajaran damkar dapat melakukan studi kelayakan apakah konsep yang dibuat memenuhi kriteria untuk mencegah apabila terjadi kebakaran,” sambungnya lagi.

Kegiatan HUT Damkar ke 102 melalui virtual ini, juga diikuti oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Kota Palopo Drs. H. Burhan Nurdin, M.Si, Asisten III Bagian Administrasi Umum Setda Kota Palopo Dr. dr. HM. Ishaq Iskandar, M.Kes serta jajaran Damkar Kota Palopo. (prokopim)