TOPNEWS.CO.ID – Pengurus Masiswa Pencinta Alam (Mapala) Universitas Andi Djemma (Unanda) mengadakan Pendidikan dan Latihan Dasar (Pilar) ke IX mulai 30 Oktober – 6 November 2019.

Panitia mengangkat tema “Membangkitkan Semangat Serta Membentuk Pribadi Jiwa Pecinta Alam Yang Loyal dan Solid Serta Berdedikasi Terhadap Tuhan, Alam, dan Manusia”.

Ketua Umum Mapala Unanda, Sulvikram mengatakan, peserta berjumlah 14 orang.

Tiga hari pertama dilaksanakan kegiatan Indoor, peserta di tempatkan di lokasi Kampus 4 Unanda.

“Disini diberikan materi navigasi darat, PPAT, survival, keorganisasian, rock climbing , caving, mountenering, dan sejarah Mapala Unanda. Kemudian dilaksanakan Pra Diksar dan Karantina selama dua hari,” katanya.

Sulvikram menambahkan, pada tahap outdoor dilaksanakan selama tiga hari.

Dimulai dengan upacara kemudian peserta diberangkatkan dari kampus dengan menggunakan kendaraan yang telah disediakan oleh panitia.

Hari pertama dilaksanakan kegiatan outdoor dengan metode diklat jalan, peserta di tempatkan di lokasi Desa Posi, Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu.

“Disini peserta di evaluasi materi-materi yang didapatkan pada saat indoor dan Juga diberikan nama lapangan, nama lapangan merupakan suatu nama kehormatan yang diberikan kepada masing- masing peserta atas dilahirkannya calon anggota mudah yang diberikan oleh panitia dan senior,” imbuhnya.

Hari hari selanjutnya peserta ditempatkan dilokasi yang berbeda dan peserta mampu mengaplikasikan materi, seperti survival.

Peserta dilatih untuk bertahan hidup dengan memanfaatkan media alam, navigasi untuk membaca dan menentukan posisi pada peta, dan materi dasar lainnya.

“Setelah semua selesai peserta Dikukuhkan dengan disematkan slayer orange sebagai tanda anggota mudah di Mapala Universitas Andi Djemma, selanjutnya upacarapun dimulai dengan menyanyikan lagu nasional yang bertujuan untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan juga sebagai rasa syukur atas karunia yang telah diberikan Tuhan,” jelasnya.