JAKARTA-Masuknya Virus Corona ke Indonesia, juga membawa ancaman untuk dunia olahraga khususnya sepakbola. Pasalnya, bagi kompetisi Shopee Liga 1 2020 yang baru saja digelar pada 29 Februari lalu ini, terancam digelar tanpa penonton.

Sebelumnya Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, sudah menyampaikan setidaknya ada Warga Negara Indonesia (WNI) yang positif terkena Virus Corona. Dua WNI asal Depok, Jawa Barat, itu saat ini sedang dirawat di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

Menyikapi hal tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Indonesia, Zainudi Amali, angkat bicara. Ia mengatakan sudah mendapatkan pertanyaan langsung dari Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

“Saya juga barusan dapat pertanyaan arahan dari Ketua Umum PSSI. Beliau sudah menyampaikan dan tentu saya akan menanyakan ini ke otoritas yakni Kemenkes (Kementerian Kesehatan Republik Indonesia),” katanya saat dihubungi awak media, Senin (2/3/2020).

“Maka sudah benar jalurnya. Ketum PSSI menanyakan ke saya dan saya akan menanyakan olahraga secara keseluruhan ke Kemenkes. Kami akan segera mengirimkan surat resmi ke Kemenkes untuk meminta arahan,” sambung.

Selain Shopee Liga 1 2020, Zainudin Amali juga meminta arahan terkait keseluruhan event di dalam atau luar negeri yang akan diikuti oleh tim Indonesia.

Ia berharap agar Kemenkes bisa segera membalas surat tersebut. Untuk event internasional, timnas Indonesia akan melakoni pertandingan babak penyisihan Kualifikasi Piala Dunia 2020 pada Maret ini.

Dijadwalkan, tim Merah Putih akan melakoni laga tandang melawan Thailand dan menjamu Uni Emirat Arab. “Tentu saja khawatir. Saya kira pemerintah Indonesia juga sudah antisipasi. Yang terpenting jangan panik karena kepanikan akan buat kepengurusan tambah kacau,” kata Zainudin Amali.

Diketahui, Di Thailand dan Vietnam saja, federasi sepak bola mereka sudah mengonfirmasi pertandingan-pertandingan yang dilakukan pada Maret 2020 harus digelar tanpa penonton. (Key)