Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palopo, Drs. Firmanza DP, SH., M.Si bersama Kadis Kesehatan Kota Palopo Taufik, S. Kep. Ners melakukan pengecekan kesiapan alat tes cepat Molekuler yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan kepada rumah sakit rujukan untuk pasien covid-19 di RSUD Sawerigading Kota Palopo, Selasa (19/05/2020).

PALOPO | TOPNEWS.co.id – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palopo, Drs. Firmanza DP, SH., M.Si bersama Kadis Kesehatan Kota Palopo Taufik, S. Kep. Ners melakukan pengecekan kesiapan alat tes cepat Molekuler yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan kepada rumah sakit rujukan untuk pasien covid-19 di RSUD Sawerigading Kota Palopo, Selasa (19/05/2020).

Kepala Instalasi Laboratorium Klinik RSUD Sawerigading Kota Palopo dr. Syamsuddin, Sp.PK mengatakan, bahwa telah memiliki alat tes cepat molekuler sebagai alat untuk pendeteksi Covid-19 yang merupakan bantuan dari Kementerian Kesehatan RI yang diberikan kepada seluruh Rumah Sakit Rujukan se-Indonesia.

“Cartride bantuan dari Kementerian Kesehatan ini sebagai wadah untuk pemeriksaan pasien Covid-19 adapun jumlahnya sangat terbatas, sekarang hasil swab pasien yang dulunya dikirim ke Makassar sekarang tidak lagi,” jelas Syamsuddin.

Pemeriksaan untuk alat tersebut hanya dapat ditujukan kepada pasien yang berstatus OTG yang pada rapid tesnya dinyatakan positif.

“Karena berdasarkan SK Gubernur Sulsel untuk pemeriksaan dan pengambilan swab Pasien berstatus ODP dan PDP dilakukan di Makassar,” tambahnya.

Karena terbatas alat tersebut sehingga hanya di khususkan untuk masyarakat Kota Palopo yang dimana pada gelombang pertama dari beberapa rumah sakit, Kota Palopo terpilih untuk diberikan alat tersebut.

“Adapun untuk gelombang kedua juga sudah diberikan tapi jumlah cartridge yang diberikan tidak sebanyak dari gelombang pertama,” terangnya.

Sekda Kota Palopo Drs. Firmanza DP, SH., M.Si menyampaikan apresiasinya dan berharap semoga dengan adanya alat tersebut dapat bermanfaat dan dapat digunakan dengan sebaik-baiknya.

“Kita sangat mengapresiasi adanya bantuan ini, dan kita harap dan berfungsi maksimal untuk mendeksi virus Corona,” harapnya.(hms)