LUTRA – Pemda Luwu Utara terus melakukan upaya untuk mempermudah akses layanan bagi masyarakat hingga ke daerah terpencil.

Bekerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia, 3 unit alat penguat jaringan/sinyal (Vsat) resmi dilaunching Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, Minggu (21/6) kemarin di Kecamatan Rongkong.

“Hingga saat ini ada 9 unit Vsat, yang sudah terealisasi sudah 6, 3 diantaranya tersebar di Kecamatan Rongkong yakni di Desa Kanandede, Rinding Allo, dan Limbong. Pemasangan Vsat ini dimaksudkan untuk mempermudah transaksi yang selama ini dilakukan secara offline. Dimulai hari ini dapat dilakukan secara online,” kata Indah.

Tak sekadar mempermudah Keluarga Penerima Manfaat Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dengan teknologi Vsat, menurut Bupati Indah, dapat dimanfaatkan masyarakat untuk transaksi perbankan lainnya.

“Seperti menabung, melakukan transfer; kepada anak yang sedang bersekolah di kota, dan pembayaran listrik karena Rongkong saat ini sudah dimasuki oleh listrik Negara (PLN), serta aktivitas perbankan lainnya. Kami berterima kasih kepada BRI, yang telah memberikan dukungan yang luar biasa kepada Pemda Lutra untuk mempermudah masyarakat kita melakukan transaksi termasuk di dalam penyaluran bantuan/jaring pengaman sosial,” tutur bupati penerima penghargaan pelayanan publik terbaik ini, didampingi Kadis Sosial, Besse A Pabeangi.

Menyambut ucapan terima kasih Pemda yang disampaikan Bupati Indah, Pimpinan Cabang BRI Masamba, Agus Adi Hermanto menuturkan, akan terus mensupport pembangunan di daerah.

“Kami sebagai Bank BUMN tentunya harus mensupport pembangunan setiap daerah sebagai agen of development, salah satunya mengadakan Vsat di titik yang belum tersentuh. Melalui agen BRILink dan e-warung tempat penyaluran jaring pengaman sosial, juga bisa digunakan warga untuk bertransaksi. Jadi warga-warga yang sebelumnya harus ke kota dulu untuk melakukan transaksi, sekarang bisa langsung melalui agen BRILink terdekat. Bisa setor, tarik tunai, transfer, juga beli pulsa. Intinya kita juga ingin mewujudkan ‘one account one people/ satu akun satu orang’. Kami dari BRI juga berterimakasih kepada Ibu Indah yang mempercayai kami sebagai mitra untuk sama-sama membangun Kecamatan Rongkong,” terang Adi.

Diketahui, berdasarkan data dari Dinas Sosial Kabupaten Luwu Utara, terdapat 9 usulan pengadaan Vsat untuk 3 wilayah 3T di Luwu Utara. 3 unit telah terpasang di Kecamatan Rongkong, 2 unit di Kecamatan Seko dan 1 unit di kios Clara Kecamatan Rampi. Sementara 2 unit lainnya masih dalam proses untuk ditempatkan di Desa Rampi dan Leboni. (hms)