Belasan motor terjaring saat kedapatan melakukan balapan liar

TOPNEWS.id|PALOPO – Belasan sepeda motor berhasil diamankan Kepolisian Polres Kota Palopo. Rabu (24/4) mulai pukul 1.00 hingga Pukul 03.00 dini hari.

Operasi gabungan yang dilakukan Polres Kota Palopo terdiri dari Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim), Satuan Lalulintas (Satlantas), serta Polsek Wara Palopo berhasil membuat pelaku balapan liar (Bali) kocar-kacir tunggang-langgang berlarian disejumlah titik di Kota Palopo. bahkan beberapa pelaku Bali terpaksa meninggalkan kendaraannya saat polisi menghampiri.

Kanit Polsek Wara, IPDA Andi Akbar bersama rekannya saat operasi Bali ini, kerap kali terlibat kejar-kejaran dengan pelaku Bali. Hal ini, menjadi salah satu celah pelaku meloloskan diri.

Meski ada yang lolos, namun aparat Kepolisian dari Polres Kota Palopo berhasil mengamankan sedikitnya 18 unit kendaraan bermotor tak lengkap milik pelaku Bali di sejumlah titik di Kota Palopo.

Operasi Bali kali ini dilakukan di sejumlah titik keramaian yang kerap dijadikan sasaran balapan liar, salah satunyanya di kawasan lapangan pancasila kota Palopo hingga seputaran Gedung SCC.

Kasat Reskrim Polres Palopo, AkP Ardy Yusuf disela-sela operasi Bali mengatakan, operasi Bali ini dilakukan sebagai upaya memberikan efek jera kepada pada para pelaku, terutama dikalangan remaja yang berasal dari luar Kota Palopo.

“Untuk memberikan efek jera. Pelaku kita berikan sanksi dengan menyanyikan lagu indonesia raya,” tandas Ardy Yusuf.

Saat ini, sebanyak 18 kendaraan yang merupakan barang bukti Bali diamankan di Polsek Wara. Sebagiannya lagi diamankan langsung di Polres Kota Palopo.

Usai kendaraan diamankan, Polisi setempat meminta pelaku melengkapi administrasi dan kelengkapan kendaraan mulai dari SIM, STNK, Spion dan kelengkapan kendaraan lainnya untuk bisa mengambil kembali kendaraan dari kantor polisi.(HR)