LUWU – Mempertegas Eksistensi tenaga Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM), Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Kesehatan Indonesia (PATELKI) kabupaten Luwu menggelar Rakercab yang dirangkaikan dengan Seminar dan Pengambilan Sumpah Profesi, Minggu (7/4/2019) di Hotel Subur Belopa.

Ketua DPC Luwu, Helmi Mustaring, dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan diadakannya Rakercab ini untuk menetapkan program kerja yang terarah dan berkelanjutan sesuai dengan profesi ATLM.

“Khusus di kabupaten Luwu, anggota ATLM berjumlah 50 orang, dimana 20 orang diantaranya telah bekerja di RSUD Batara Guru Belopa sedangkan 30 orang lainnya tersebar di berbagai Puskesmas yang ada,” kata Helmi Mustaring yang bertugas sebagai Kepala Ruangan Laboratorium RSUD Batara Guru.

Lebih Lanjut Helmi menyampaikan tentang kendala-kendala yang dihadapi oleh anggota ATLM diantaranya adalah status para ATLM ini sebagian besar masih tenaga sukarela

“Sebagai tenaga ahli yang mempunyai peran dalam pelayanan kesehatan terutama yang berkaitan dengan pelayanan Laboratorium Kesehatan, ATLM ini sangat butuh perhatian pemerintah, sehingga kami berharap jika ada penerimaan CPNS, pemerintah daerah kabupaten Luwu dapat membuka formasi khusus untuk tenaga Laboratorium,” jelas Helmi.

Merespon permintaan Ketua DPC Patelki Luwu, Pemerintah Kabupaten Luwu yang diwakili oleh Plt. Asisten bidang Administrasi dan Kesra, Aminullah mengatakan bahwa Pemerintah sangat antusias dalam menanggapi setiap permasalahan yang terjadi di kalangan masyarakat.

“Pemerintah Kabupaten Luwu dibawah kepemimpinan H. Basmin Mattayang dan Syukur Bijak selalu menekankan agar seluruh aparatnya cepat tanggap terhadap permasalahan-permasalahan yang terjadi pada masyarakat, sehingga kedepan kami mengajak pengurus Patelki Luwu agar membangun komunikasi yang baik dengan pemerintah daerah termasuk dengan Kepala BKD terkait usulan formasi khusus tenaga ATLM,” kata Aminullah.

Kegiatan Rakercab Patelki Luwu ini dihadiri pula Ketua DPW Patelki Provinsi Sulawesi Selatan, Idris Mone, Ketua IDI Luwu, Rosnawari Basir, Ketua PPNI Luwu, Syahrun dan 150 peserta yang tergabung dalam Patelki se-Luwu Raya. (rls)