LUTRA – Mengatasi genangan air di beberapa titik di Kota Masamba, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Luwu Utara bakal segera membangun drainase menggunakan box culvert. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas PUPR, Suaib Mansyur, Senin (10/8/2020), saat meninjau beberapa lokasi di Kelurahan Bone dan Bone Tua.

“Sebelumnya kita terus mencari jalur alternatif dan mengupayakan genangan air di beberapa titik di dalam Kota Masamba ini bisa dialirkan ke sungai. Proses normalisasi sungai yang masih terus berlanjut tidak memungkinkan hal itu untuk dilakukan terlebih dasar Sungai Salukula yang melewati Kota Masamba masih tinggi,” kata Suaib.

Sehingga solusinya, lanjut Suaib, pihaknya akan membuat saluran air ataupun drainase di sejumlah jalan dalam kota dengan menggunakan box culvert.

“Box Culvert adalah beton bertulang pra cetak berbentuk segi empat yang memiliki spigot dan socket yang menjadikannya kedap terhadap masuknya air tanah (eksfiltrasi) dan tetap menyatu saat terjadi pergeseran tanah. Box Culvert umumnya digunakan untuk saluran drainase. Kita berharap dengan box culvert ini pembersihan Kota Masamba akan cepat selesai dilakukan ketika tidak ada lagi genangan dengan dibuatnya saluran air dan drainase,” harap Suaib.

Selain meninjau beberapa titik di Kota Masamba, Suaib juga melihat progres pembangunan jembatan bailey yang bakal kembali menghubungkan akses lima desa yang sempat terputus. Jembatan tersebut ditarget pelaksana selesai sebelum 17 Agustus 2020 mendatang. (hms)