Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah

MAKASSAR-Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah mengistruksikan jajarannya agar memperketat pengawasan diseluruh pintu masuk di wilayah Sulsel.

Instruksi tersebut, menyusul masuknya virus corona atau yang disebut Covid-19 masuk ke Indonesia.

Dia mengatakan, jika pihaknya juga telah melakukan kordinasi dengan Angkasa Pura, agar memperketat pengawasan di Bandara Sultan Hasanuddin.

“Kita sudah sampaikan dan itu sudah dilakukan deteksi. Angkasa Pura sudah (diminta perketat). Kita harus perketat lagi setelah ada kejadian ini,” tegas Nurdin seperti dikutip dari Sindonews, Senin, (02/3).

Lebih jauh, dirinya mengatakan jika pintu masuk penerimaan kedatangan orang luar ke Sulsel, baik di pelabuhan maupun bandara harus segera diperkuat.

Dia juga meminta agar seluruh pihak, ikut terlibat, dengan meningkatkan koordinasi dan komunikasi.

“Semua lini harus lebih mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan. Termasuk Angkasa Pura sudah kita minta supaya koordinasi dengan dinas kesehatan mendeteksi semua tamu-tamu yang masuk Sulsel dari berbagai negara dan daerah,” sambung dia.

Nurdin Abdullah juga mengatakan jika dirinya telah meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulsel untuk mempersiapkan ruang isolasi khusus. Dimana ruangan itu bisa dimanfaatkan jika kedepan ada warga yang terdeteksi virus corona.

Dia juga mengimbau agar masyarakat menahan diri untuk melakukan perjalanan keluar daerah atau keluar negeri, jika dinilai belum perlu. Khususnya di negara-negara yang sudah terjangkit virus korona.

“Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat Sulawesi Selatan supaya kurangi bersentuhan (dengan orang lain) datang ke tempat-tempat keramaian, kalau tidak perlu,” tambah Nurdin.

Di samping itu, masyarakat diharapkan tetap. menjaga kesehatan diri masing-masing. Pasalnya, Nurdin menganggap penyebaran virus korona tergolong cepat.

“Usahakan jaga baik-baik kesehatan, tubuh harus kuat, harus sehat. Jangan sampai lemah kondisi tubuh kita. Karena kondisi tubuh yang lemah itu mudah masuk, bukan hanya corona, tapi semua virus,” harapnya. (Key)

Sumber.Sindonews