Ilustrasi

MAKASSAR|TOP-NEWS.co.id-Lima orang pasien yang positif terjangkit virus corona di Sulawesi Selatan (Sulsel), dinyatakan sehat atau sembuh.

Hal tersebut, dikatakan oleh anggota tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulsel, Husni Thamrin saat menggelar jumpa pers di Makassar, Selasa (31/3/2020) kemarin.

Dia menyebutkan jika, kelima orang pasien yang dinyatakan sembuh tersebut, merupakan pasien yang di rawat di RS Stella Maris, Kota Makassar.

“Ada laporan ke call center, sudah ada lima orang yang dirawat di (RS) Stella Maris dinyatakan sembuh. Cuman belum ada laporan resmi,” katanya seperti dikutip dari Sindonews, Rabu (1/4/2020).

Lebih jauh, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat itu, menerangkan jika pihaknya belum menampilkan data tersebut, melalui portal resmi Covid-19.

Sebab katanya, pihaknya masih menunggu pemeriksaan tindak lanjut yang menyatakan mereka benar-benar terbebas dari virus korona.

Husni Thamrin juga tidak menampik, jika untuk dinyatakan dari virus tersebut, prosesnya tidak mudah.

Pasalnya, pasien masih harus melewati masa isolasi selama 14 hari. Kemudian pemeriksaan laboratorium swab untuk uji covid-19 masih perlu dilakukan kembali.

“Ada masa isolasi yang harus dilewati kminkmal 14 hari. Nah ini harus bersabar, baru dilakukan pemeriksaan swab kembali, setelah (hasilnya) itu negatif, dia dinyatakan sembuh,” tandasnya.

Data pantauan Covid-19 Sulsel per tanggal 1 April pukul 10.33 Wita, kasus orang dalam pemantauan (ODP) total 691 orang. Lalu status pasien dalam pengawasan (PDP) 106 kasus, dengan rincian 95 masih dirawat, 8 sehat, dan 3 meninggal.

Sementara kasus positif 50 orang, dengan rincian 45 dirawat dan 5 meninggal. Pada kategori ini, Sulsel dilaporkan tidak mengalami penambahan kasus positif. Artinya, jumlah 50 pasien positif ini masih sama saat diumumkan sehari sebelumnya. (*/Key)