Sandro Tonali, pemain yang digadang-gadang akan mewarisi posisi Andrie Iniesta di Barcelona.

SPANYOL | TOPNEWS.co.id – Kerja keras Barcelona untuk mencari pewaris Andres Iniesta mulai membuahkan hasil. El Azulgrana kabarnya telah mengindentifikasikan Sandro Tonali sebagai penerus playmaker yang sempat bertugas di Camp Nou selama 16 tahun.

Iniesta merupakan alumni La Masia yang dipromosikan ke tim senior Barcelona pada 2003 dan terus bertugas hingga 2018. Gelandang berusia 35 tahun itu lalu hijrah ke Jepang lantaran bergabung bersama Vissel Kobe.

Setelah dua musim tidak ada sosok Iniesta, Barcelona siap merekrut titisannya. Menurut media Spanyol, klub Catalan itu berniat memboyong Tonali pada bursa transfer mendatang.

Dana sebesar 60 juta euro ditambah dua pemain dari tim akademi seharga total 10 juta euro akan disiapkan. Tonali yang diangkat ke tim senior Brescia pada 2017 sempat mendapat sebutan ‘the new Andrea Pirlo’.

Tapi, karena kemampuannya terus berkembang, selamat dari Serie B dan dikaitkan dengan sejumlah klub besar Italia, dia kini dianggap sebagai ‘the new Iniesta’.

Gaya permainan pemuda berusia 19 tahun itu mirip dengan Iniesta. Dia punya akurasi, tendangan keras dan piawai melakukan set piece.

Terbukti, saat debut musimnya di Serie A, dia mencetak gol pertamanya pada 26 Oktober lewat tendangan bebas walau akhirnya kalah 1-3 di kandang Genoa.

Bila dijabarkan, Tonali bertipe regista atau disebut sutradara di lapangan. Dia yang mengatur permainan. Hebatnya lagi, dia punya koordinasi dan penempatan diri yang bagus, kualitas teknik tinggi, kreatif dan bisa membaca permainan.

Tonali bisa bertugas di tengah atau menjadi gelandang bertahan sebagai deep-lying playmaker dalam skema 4-3-3. Dia juga terlihat sudah matang meski usianya belum 20 tahun. Karena itu, wajar jika Barcelona sangat bernafsu untuk mendapatkan jasanya. (*)