Jelang Pemungutan Suara Ulang (PSU) di enam TPS, Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kota Palopo, mulai mempersiapkan logistik suara suara di Ruangan Media Center KPU, Jl. Pemuda, Kelurahan Takkalala, Kecamatan Wara Selatan, Kota Palopo, Jumat (26/04/2019).

TOPNEWS.id|PALOPO – Jelang Pemungutan Suara Ulang (PSU) di enam TPS, Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kota Palopo, mulai mempersiapkan logistik suara suara di Ruangan Media Center KPU, Jl. Pemuda, Kelurahan Takkalala, Kecamatan Wara Selatan, Kota Palopo, Jumat (26/04/2019).

Ketua KPU Kota Palopo, Abbas Johan mengatakan, pihaknya tengah mempersiapkan logistik suarat suara yang akan digunakan di enam TPS yang akan melakukan PSU pagi besok.

“Sementara kita mempersiapkan semua kebutuhan logistik yang akan digunakan di enam TPS yang akan melakukan PSU,” kata Abbas.

Saat ini pihak KPU Palopo melakukan penyortiran dan pelipatan suara suara. Dan rencananya, Sabtu pagi besok akan segerah didistribusikan kesetiap TPS yang melakukan PSU.

“Untuk mempersiapkan semuanya, kita terpaksa engebut penyortiran dan pengepakan surat suara. Karena pagi besok semua logistik sudah harus tiba di 6 TPS itu. Pendistribusiannya juga akan dikawal ketat oleh pihak Bawaslu serta aparat TNI-Polri,” terang Abbas.

PSU di enam TPS ini, hanya mengakomodir Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPD, DPR RI, DPD, serta DPRD Provinsi.

“Sesuai hasil koordinasi kami dengan KPU RI dan KPU Sulsel, yang PSU itu hanya Pilpres, DPD, DPR RI, serta DPRD Provinsi. Itupun tidak semua TPS seperti itu,” tambahnya.

Ia berharap, dalam pelaksanaan PSU di Kota Palopo ini, tidak menemui kendala seperti kekurangan logistik maupun proses distribusinya.

Sementara itu, Komisioner KPU Palopo Divisi SDM, Abdullah Jaya Hartawan mengatakan, para KPPS dan PPK di enam TPS yang melakukan PSU sudah siap.

“Barusan saya cek kesiapan di lapangan dan mereka sudah siap melaksanakan PSU, semoga berjalan dengan lancar dan aman,” kata Jaya.

Pelaksanaan PSU di Kota Palopo akan dijaga ketat oleh petugas Polres Palopo dan TNI. Kapolres Palopo AKBP Ardiansyah mengatakan, setiap TPS yang dilakukan PSU akan disiapkan tujuh personel yang akan menjaga situasi tetap kondusif, aman dan damai.

“Di setiap TPS kita siapkan tujuh personel untuk melakukan pengamanan jalannya PSU. Selain itu, kita juga siapkan 1 unit patroli gabungan personel Polres Palopo dan Brimob yang akan mobile memantau setiap TPS,” terang AKBP Ardiansyah.

Diketahui, keenam TPS yang akan dilakukan PSU tersebar di 3 kecamatan. Masing-masing TPS 7 dan TPS 8 Kelurahan Boting, TPS 12 Kelurahan Lagaligo, Kecamatan Wara, TPS 07 Kelurahan Surutanga, dan TPS 03 Kelurahan Malatunrung, Kecamatan Wara Timur, serta TPS 04 Kelurahan Tamarundung, Kecamatan Wara Timur. (**)