LONDON – Chelsea akan menjual 11 bintangnya musim panas ini dalam operasi pembersihan besar-besaran untuk mendanai transfer pemain baru. Pemain yang dilepas termasuk gelandang senior Pedro, Jorginho, dan Ross Barkley.

Dilansir dari SINDOnews, Timo Warner didatangkan senilai 54 juta pounds (Rp958 miliar). Sebelumnya, Pelatih Frank Lampard telah mengeluarkan 38 juta pounds (Rp 674 miliar) untuk pemain sayap Ajax Amsterdam Hakim Ziyech di awal tahun.

Dengan kehadiran Ziyech dan Werner, dan kemungkinan akan bertambah dengan kedatangan bek kiri Leicester City Ben Chilwell- berarti akan banyak wajah yang familier di Stamford Bridge akan pergi pada musim panas 2020 ini.

Pemain sayap asal Brasil Willian, yang akan berusia 32 tahun pada bulan Agustus, diizinkan meninggalkan klub London barat dengan status bebas transfer setelah menolak tawaran klub untuk kontrak satu tahun lagi.

Bintang Spanyol Pedro juga akan mendapatkan keinginannya dan akan diizinkan pergi, dengan AS Roma tujuan yang paling mungkin.

The Mirror mengungkapkan bahwa Chelsea juga akan membiarkan Jorginho bersatu kembali dengan mantan bosnya Maurizio Sarri di Juventus.

Lampard juga akan menjual bek kiri Marcos Alonso yang dicari mantan pelatih Chelsea, Antonio Conte, di Inter Milan. The Blues diperkirakan menuntut sekitar 26 juta pounds (Rp461 miliar) untuk bek yang kontraknya di Chelsea sampai 2023.

Chelsea akan mengantongi sedikitnya 48 juta pounds (Rp851 miliar) ketika Alvaro Morata bergabung dengan Atletico Madrid secara permanen pada 1 Juli.

Klub juga akan mendengarkan tawaran untuk kiper Kepa Arrizabalaga yang menjadi penjaga gawang termahal di dunia ketika The Blues membayar 71,4 juta pounds (Rp1,2 triliun) untuk merekrutnya dari Athletic Bilbao pada 2018.

Sedangkan Tottenham Hotspur tertarik untuk mengambil kembali bek tengah Kurt Zouma senilai 25 juta pounds (Rp443 miliar) dari Chelsea.

Bos West Ham David Moyes juga ingin dipertemukan kembali dengan mantan gelandang Everton Ross Barkley, yang telah gagal menemukan tempat utama di bawah Lampard.

Kedatangan Werner, yang telah mencetak 25 gol di Bundesliga musim ini, berarti akhir dari Michy Batshuayi. Chelsea juga akan menguangkan beberapa pemain yang menghabiskan musim dengan status pinjaman.

Gelandang bertahan Tiemoue Bakayoko juga akan dijual kepada Paris Saint-Germain begitu dia kembali dari pinjamannya di AS Monaco. Sementara Davide Zappacosta akan dipermanenkan AS Roma meskipun telah menandatangani kontrak baru musim panas lalu. (*)