Komisi Pemilih Umum (KPU) Kabupaten Luwu Timur, menggelar seleksi tes wawancara untuk calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Luwu Timur, Rabu (11/03/2020).

LUTIM | TOPNEWS.co.id – Komisi Pemilih Umum (KPU) Kabupaten Luwu Timur, menggelar seleksi tes wawancara untuk calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Luwu Timur, Rabu (11/03/2020).

Sedikitnya 631 calon anggota PPS akan mengikuti tes wawancara yang dimulai tanggal 11 hingga 13 maret 2020 mendatang.

Komisioner KPU Divisi sosialisasi, SDM dan Partisipasi masyarakat, Mulyanah Mulkin mengatakan, jika wawancara yang dilangsungkan selama 3 hari tersebut merupakan peserta yang lolos 6 besar dari 127 desa dan kelurahan di 11 kecamatan se-Kabupaten Luwu Timur.

“Tes wawancara ini menentukan peserta yang akan lolos menjadi anggota PPS yang akan bertugas disetiap desa pada Pilkada Serentak 23 September 2020 mendatang,” kata Mulyanah Mulkin.

Ia melanjutkan, jika tes wawancara yang digelar di tiap kecamatan dibantu oleh PPK setempat dengan format tanya-jawab seputar pengetahuan dan wawasan kepemiluan peserta.

“Kami akan menggali wawasan dan pengetahuan tentang kepemiluan, tugas dan wewenang PPS serta tanggung jawab PPS pada Pilkada 2020,” jelas Mulyanah.

“Tidak saja itu, peserta juga dinilai integritas, independensi dan rekam jejaknya dimedia sosial dan hasil tanggapan masyarakat,” lanjut Mulyanah.

Seperti yang diketahui tes wawancara digelar untuk menjaring 3 orang peserta yang ditetapkan sebagai PPS terpilih, dan urutan 4 sampai 6 untuk PAW.

“Dari enam besar itu akan diambil 3 peserta dari masing-masing desa/kelurahan,” pungkasnya. (**)